Asclepios Dewa Pengobatan dan Penyembuhan (Simbol Kedokteran)


           Asclepios adalah seorang ilmuwan/dokter dari Yunani yang kemungkinan hidup pada tahun 1200 SM. Asclepius digelari sebagai God of Healing (Dewa Penyembuh) karena kemampuan yang dimilikinya dalam menyembuhkan orang sakit. Ia beroleh pendidikan kedokteran dari Cheiron (seorang centaur) dan dikaruniai kemampuan untuk menyembuhkan (healing) serta membangunkan orang mati. Tongkat Asclepios dijadikan simbol kedokteran layaknya tongkat Hermes.
       Asklepios adalah dewa pengobatan dan penyembuhan dalam mitologi Yunani. Asklepios mewakili aspek penyembuhan dari seni pengobatan, sementara putri-putrinya Hygieia, Meditrinia, Iaso, Aceso, Aglaea/Egle dan Panacea melambangkan kekuatan dari kebersihan, obat, dan penyembuhan. Dalam mitologi Romawi dia dinamakan sebagai Vediovis.
             Dia adalah anak dari Apollo dan Coronis. Ibunya dibunuh karena berselingkuh dari Apollo dan jasadnya dibakar, tapi anak yang sedang dia kandung diselamatkan dari rahimnya. Dari sini dia mendapat nama Asklepios "membedah". Apollo membawa bayi itu dan memberikannya kepada seekor Kentaur bernama Khiron yang membesarkan Asklepios dan mengajarinya seni pengobatan.

        Dalam perjalanan karirnya, Asclepius mendirikan kuil yang disebut Asclepions (Asclepieia). Orang-orang sakit datang dan mendapat pengobatan di kuil tersebut. Mereka dilayani oleh para Asclepiadae (“murid-murid Asclepius”) serta menyerahkan persembahan kepada dewa atas kesembuhan yang mereka peroleh. Pada kuil tersebut juga terdapat banyak ular jinak yang dipelihara sebagai wujud penghormatan kepada Dewa.
           Asklepios menikah dengan Epione, dan mempunyai enam putri: Hygieia, Meditrina (pembawa ular), Panacea, Aceso, Iaso, and Aglaea, dan tiga putra: Machaon, Podaleirios dan Telesphoros. Dia juga mempunyai anak bersama Aristodama bernama Aratus. Nama dari putri-putrinya secara transparan menggambarkan tema "kesehatan yang baik".
            Zeus membunuh Asklepios dengan petir karena dia membangkitkan orang mati dan menerima bayaran untuk itu. Cerita yang lain mengatakan Asklepios dibunuh setelah membangkitkan orang mati, karena Hades berpikir jika itu terus terjadi, maka tidak ada lagi arwah yang tertinggal didunia bawah, jadi dia meminta saudaranya, untuk melenyapkannya. Hal ini membuat Apollo marah yang kemudian membunuh para Kiklops yang membuat petir untuk Zeus. Akibat dari hal ini, Zeus kemudian menghilangkan Apollo dari langit malam dan memerintahkannya melayani Admetus, Raja Thessaly. Setelah kematian Asklepios, Zeus menempatkan Asklepios di antara bintang bintang sebagai rasi bintang Ophiuchus ("Si Pembawa Ular")



Bagaimana Tongkat Asclepius dan Ular dijadikan lambang kedokteran, apa maknanya?










Baca Juga



No comments:

Post a Comment

Pembaca Baik Selalu Meninggalkan Komentar